Pages: [1] 2   Go Down
Print
Author Topic: mohon saran  (Read 2196 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
edyyusuf
Newbie
*

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 21


« on: September 14, 2011, 05:53:12 PM »

selamat sore,



saya baru selesai nge bangun vw kodok 1303 thn 74. cuma ada kendala kadang2x mesin susah di starter klo pas pagi hari atau klo pas mau ngidupin mesin lagi setelah parkir. aki seperti tidak ngangkat. padahal kul booster, IC & boss dinamo starter sudah ganti baru semua. apakah hal ini karena alternator yg masih standar orinya gak bisa melakukan pengisian dgn baik ke dinamo pengisian disebabkan krn sudah saya pasang AC, power & subwoofer? apakah harus ganti alternator yg lebih gede (70-80A). saya sangat menghargai saran dari para teman2x semua. trims



salam vw,


edyyusuf
Logged
kodok green
Jr. Member
**

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 71


beetle itu koncek


« Reply #1 on: September 14, 2011, 06:34:04 PM »

bushing dinamo starter nya udah abis itu om. ada 2 bushingnya. coba ganti itu dulu. Kalo alternator cek aja pengisiannya.
Logged
edroland
Guest
« Reply #2 on: September 14, 2011, 07:03:24 PM »

@ bro cigarettek : bushing starter udah ganti dua-dua nya besar & kecil khan bushing nya
Logged
kodok_loper
Sr. Member
****

Reputasi: +2/-0
Offline Offline

Posts: 353

Masih mencari pengganti Neng Bebi ( Beetle biru )


« Reply #3 on: September 15, 2011, 12:53:41 AM »

Iya, oom, coba aja cek pengisian pake digital AVO meter dengan ngidupin semua kelistrikan jadi ga buru2 ganti alternator.
Logged

Sedang mencari cara untuk kembali ke asal...
edyyusuf
Newbie
*

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 21


« Reply #4 on: September 15, 2011, 09:58:44 AM »

@ kodok_loper : thanx info nya
Logged
volkskom
Newbie
*

Reputasi: +1/-0
Offline Offline

Posts: 39


« Reply #5 on: September 15, 2011, 10:33:56 AM »

Ikut bantu saran/pendapat
1 Mungkin accunya ngak bagus, chek pagi hari voltasenya berapa, atau terminal accu kurang bagus
2 Alternator/dinamo ngisinya lebih sedikit dari pemakaian (lampu , ac,& soundsystem)
3 Dinamo stater kurang bagus, cek ketukang dinamo
4 Kabel2 kurang bagus, kabel (tombol) switch stater, kabel (-) mesin ke body,
Demikian saran saya selamat mencoba

Logged
edyyusuf
Newbie
*

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 21


« Reply #6 on: September 19, 2011, 04:47:52 PM »

@ volkskom : thanx infonya oom
Logged
sadjugo
Hero Member
*****

Reputasi: +4/-3
Offline Offline

Posts: 985


VW Untuk Semua Orang ....Mantep


WWW
« Reply #7 on: September 20, 2011, 09:46:08 AM »

apakah pada Distribusi (DELCO) listrik busi sudah CT dan Platinanya
Logged
edyyusuf
Newbie
*

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 21


« Reply #8 on: September 20, 2011, 02:35:50 PM »

@ oom sadjugo : udah pake CDI oom
Logged
atot806
Administrator
Hero Member
*****

Reputasi: +7/-0
Offline Offline

Posts: 1.793


Konkons The Melow Bugs


« Reply #9 on: September 22, 2011, 04:28:22 PM »

Iya, oom, coba aja cek pengisian pake digital AVO meter dengan ngidupin semua kelistrikan jadi ga buru2 ganti alternator.

Tambahan, kalau ada AVO meter colok ke dinamo yg positif ke kabel besar di alternator, negatif ke body.
Hasilnya ketika sationer minimal di 11V, kalau di gas 13V-14V.

Apabila hasil bagus, coba cek Aki, Mulai dari air akinya. Apakah aku masih OK atau ngga? Di tukang aki ada alatnya.

Ada jg cek sel nya ada yg mati ga?
Cara kasarnya sih buka tutup pengisian air aki, coba di korsletin antara kepala positif dan negatif. Kalau ada buih di salah satu sel nya, berarti itu aki bermasalah. (tp ingat cabut dulu aki dari mobil, jangan terlalu lama ya kira" beberapa detik lah langsung lihat sel nya dan hati" menjauh dari bensin dan bahan bakar lainnya)

Apa bila aki bagus, cek bushing starter terbuat dari kuningan. Tapi biasanya kalau sudah kemakan akan susah di starter ketika mesin panas.

Alternatif lain coba geser setelan delco (distributor), siapkan kunci 10 T, longgarkan baut pengikat delco. Putar beberapa derajat berlawanan jarum jam. (1-2 derajat) kencangkan lagi. Coba starter.

Mungkinitu dulu dari saya. Selamat mencoba.
Logged
ABIOOBES (PakDe)
Hero Member
*****

Reputasi: +12/-1
Offline Offline

Posts: 3.428



« Reply #10 on: September 23, 2011, 02:52:46 PM »

Tambahan, kalau ada AVO meter colok ke dinamo yg positif ke kabel besar di alternator, negatif ke body.
Hasilnya ketika sationer minimal di 11V, kalau di gas 13V-14V.

Apabila hasil bagus, coba cek Aki, Mulai dari air akinya. Apakah aku masih OK atau ngga? Di tukang aki ada alatnya.

Ada jg cek sel nya ada yg mati ga?
Cara kasarnya sih buka tutup pengisian air aki, coba di korsletin antara kepala positif dan negatif. Kalau ada buih di salah satu sel nya, berarti itu aki bermasalah. (tp ingat cabut dulu aki dari mobil, jangan terlalu lama ya kira" beberapa detik lah langsung lihat sel nya dan hati" menjauh dari bensin dan bahan bakar lainnya)

Apa bila aki bagus, cek bushing starter terbuat dari kuningan. Tapi biasanya kalau sudah kemakan akan susah di starter ketika mesin panas.

Alternatif lain coba geser setelan delco (distributor), siapkan kunci 10 T, longgarkan baut pengikat delco. Putar beberapa derajat berlawanan jarum jam. (1-2 derajat) kencangkan lagi. Coba starter.

Mungkinitu dulu dari saya. Selamat mencoba.



wuiiiih...muantaaaphzzz instruksinya....pengalaman waktu pulang dari Jogja ya Oom.... Wink
Logged
digger vw
Hero Member
*****

Reputasi: +15/-0
Offline Offline

Posts: 1.876


jujung tinggi kesetiakawanan


« Reply #11 on: September 27, 2011, 01:16:14 AM »

Tambahan, kalau ada AVO meter colok ke dinamo yg positif ke kabel besar di alternator, negatif ke body.
Hasilnya ketika sationer minimal di 11V, kalau di gas 13V-14V.

Apabila hasil bagus, coba cek Aki, Mulai dari air akinya. Apakah aku masih OK atau ngga? Di tukang aki ada alatnya.

Ada jg cek sel nya ada yg mati ga?
Cara kasarnya sih buka tutup pengisian air aki, coba di korsletin antara kepala positif dan negatif. Kalau ada buih di salah satu sel nya, berarti itu aki bermasalah. (tp ingat cabut dulu aki dari mobil, jangan terlalu lama ya kira" beberapa detik lah langsung lihat sel nya dan hati" menjauh dari bensin dan bahan bakar lainnya)

Apa bila aki bagus, cek bushing starter terbuat dari kuningan. Tapi biasanya kalau sudah kemakan akan susah di starter ketika mesin panas.

Alternatif lain coba geser setelan delco (distributor), siapkan kunci 10 T, longgarkan baut pengikat delco. Putar beberapa derajat berlawanan jarum jam. (1-2 derajat) kencangkan lagi. Coba starter.

Mungkinitu dulu dari saya. Selamat mencoba.

ralat dikit um> kalau distater sulit dalam arti berat justru delko diputar searah jarum jam krn jika berlawanan jarum jam maka akan semakin berat.

kalau melihat kasusnya sepertinya bisa karena bbm banjir bearti ceck kondisi pelampung dan tinggi permukaan bbm di tandon karbu. bisa juga karena adanya kebocoran dari karbu hingga ruang bakar sehingga bbm tidak terhisap sempurna ke ruang bakar dan bercampur udara tdk melalui karbu sehingga tdk tepat takaran dan sulit hidup. kasus lain bisa karena rasio kompresi terlalu rendah atau kondisi klep yg sudah ada kebocoran.
Logged

DENGAN VW KITA BAHAGIAKAN ANAK DAN ISTRI
edyyusuf
Newbie
*

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 21


« Reply #12 on: September 27, 2011, 06:59:59 PM »

thanx oom saran nya. langsung akan di diskusikan dgn mekaniknya


salam,
Logged
atot806
Administrator
Hero Member
*****

Reputasi: +7/-0
Offline Offline

Posts: 1.793


Konkons The Melow Bugs


« Reply #13 on: September 28, 2011, 01:59:04 PM »

Eh iya makasih ralatnya um.
ralat dikit um> kalau distater sulit dalam arti berat justru delko diputar searah jarum jam krn jika berlawanan jarum jam maka akan semakin berat.

kalau melihat kasusnya sepertinya bisa karena bbm banjir bearti ceck kondisi pelampung dan tinggi permukaan bbm di tandon karbu. bisa juga karena adanya kebocoran dari karbu hingga ruang bakar sehingga bbm tidak terhisap sempurna ke ruang bakar dan bercampur udara tdk melalui karbu sehingga tdk tepat takaran dan sulit hidup. kasus lain bisa karena rasio kompresi terlalu rendah atau kondisi klep yg sudah ada kebocoran.
Logged
digger vw
Hero Member
*****

Reputasi: +15/-0
Offline Offline

Posts: 1.876


jujung tinggi kesetiakawanan


« Reply #14 on: September 29, 2011, 01:39:14 AM »

 Wink Grin Grin Wink
siappp.....
 Wink Wink Wink Wink
Logged

DENGAN VW KITA BAHAGIAKAN ANAK DAN ISTRI
Pages: [1] 2   Go Up
Print
 
Jump to: