Pages: 1 ... 3 4 5 [6] 7   Go Down
Print
Author Topic: Lanjutan Cara menyetel klep  (Read 15597 times)
0 Members and 2 Guests are viewing this topic.
Dedi Cibo
Hero Member
*****

Reputasi: +2/-0
Offline Offline

Posts: 552



« Reply #75 on: May 05, 2011, 02:20:53 PM »

jujur saya masih ragu tuk bongkar mesin, masih ada rasa takut berantakan.....
Logged

Salam Volky Wolky
dedy.dj
Full Member
***

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 113


pengen poenya VW kombi......


« Reply #76 on: December 29, 2011, 10:16:30 AM »

Berhari-hari saya baca ulasan peng-adjust-san diatas... Cool
Saya pahami kata demi kata, kalimat demi kalimat.....dan saya tela'ah secara mendalam .. Cool
Dan akhirnya saya memberanikan diri untuk melakukannya.... Cool
Saya call mekanik langganan....untuk melakukan petunjuk tersebut diatas.... Grin Grin Grin Grin Grin
Soalnya nggak bisa ngolong...peruuuut nyangkut , om  Embarrassed Embarrassed Embarrassed Embarrassed Embarrassed Embarrassed
 Cry Cry Cry Cry Cry Cry Cry Cry
Logged

Belum bisa kembali ke jalan yg benar......
ß.e.n.z.
Sr. Member
****

Reputasi: +8/-0
Offline Offline

Posts: 458


-ßoomßoom-


« Reply #77 on: January 02, 2012, 10:28:19 AM »

...peruuuut nyangkut , om...

Halah, alesan aja... Khan nyetel klep nggak harus ngolong. Cukup dari samping aja tiduran dekan ban belakang... Cheesy Wink :p

BTW, perut yang menonjol itu, kalo dilihat dari samping kaya VW Kodok juga yha... Wink
Logged

... if its not air cooled its not a real Volkswagen ...
vwputih
Full Member
***

Reputasi: +1/-0
Offline Offline

Posts: 214


i'm not quitting!


WWW
« Reply #78 on: January 11, 2012, 05:13:04 AM »

Barang kali nut and adjusting screw atau gampangnya mur baut rocker arm/ penyetel klepnya  bukan yang ori/atu mungkin sudah jelek/pendek, meng insatal yang baru aja 8 biji untuk R/L, murah kok, penyetelan klepnya diwaktu mesin dalam keadaan  dingin, berubahnya stelan klep berpengaruh pada tenaga juga pada bahan bakar, celah klepnya,  untuk vw kendaraan harian saya samakan 1n & exnya = 0.15.
Maaf, mohon bisa diperjelas lagi, Mbah, maksudnya mur baut rocker arm itu yg mana, dan cara penggantiannya bagaimana, apakah harus turun mesin..
Sebab 1303 saya begitu, tiap menempuh perjalanan jauh (100km nonstop), setelan klep sealu berubah, merapat. Jadinya nembak2 dan mesin jd sangat panas, sampai cat di kap mesin melepuh..  :'(Saya ingin bisa mengerjakan sendiri, supaya ga repot harus ke montir tiap abis dr luar kota...
Logged

Everlasting creativity...  (o \ l / o) L 1927 QE

belum waktu saya untuk kembali ke jalan yang benar...
Salam persaudaraann VW
BussDriver
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-0
Offline Offline

Posts: 800



« Reply #79 on: January 12, 2012, 10:31:01 AM »

Maaf, mohon bisa diperjelas lagi, Mbah, maksudnya mur baut rocker arm itu yg mana, dan cara penggantiannya bagaimana, apakah harus turun mesin..
Sebab 1303 saya begitu, tiap menempuh perjalanan jauh (100km nonstop), setelan klep sealu berubah, merapat. Jadinya nembak2 dan mesin jd sangat panas, sampai cat di kap mesin melepuh..  :'(Saya ingin bisa mengerjakan sendiri, supaya ga repot harus ke montir tiap abis dr luar kota...

 Smiley kayaknya mur & baut yang ini deh,.......ada empat buah untuk tiap cyl head,.....ngelepasnya pake kunci 13 puter kekiri untuk ngendorin murnya terus pake obeng plat puter kekiri untuk ngeluarin bautnya,.....untuk masang lagi iktutin cara sebaliknya.

Biasanya setelah dipake lama setelan klep akan jadi lebih renggang karena ujung baut yang kena ujung batang klep akan aus  Smiley


Bisa dikerjain sendiri, gak susah kok,.........enaknya dikerjain ditempat yang datar jadi posisi mesin datar,........kalo posisi mesin miring oli bisa banyak yang netes,.........kalo ada buku panduan Hayness ato Bentley penjelasannya cukup detail tuh sekalian cara dan urutan setel klepnya,..........selamat mencoba  Smiley
Logged

Bus driving is where the Bus is happy not the driver
vwputih
Full Member
***

Reputasi: +1/-0
Offline Offline

Posts: 214


i'm not quitting!


WWW
« Reply #80 on: January 16, 2012, 09:07:43 PM »

Makasih, Mas. Saya sudah ganti tadi siang. Tapi kok aneh ya, saat posisi TDC di busi 1, kondisi klep tidak seperri yang semestinya, yairu 3 klep depan menutup, 1 klep belakang membuka. Yang terjadi malah keempat klep tidak beraturan masik keluarnya.
Gekala saat ini mesin nembak2 hanya saat kendaraan dijalankan. Kalau berhenti, digas sampai rpm berapapun tidak pernah nembak.
Logged

Everlasting creativity...  (o \ l / o) L 1927 QE

belum waktu saya untuk kembali ke jalan yang benar...
Salam persaudaraann VW
BussDriver
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-0
Offline Offline

Posts: 800



« Reply #81 on: January 17, 2012, 01:27:19 AM »

Makasih, Mas. Saya sudah ganti tadi siang. Tapi kok aneh ya, saat posisi TDC di busi 1, kondisi klep tidak seperri yang semestinya, yairu 3 klep depan menutup, 1 klep belakang membuka. Yang terjadi malah keempat klep tidak beraturan masik keluarnya.
Gekala saat ini mesin nembak2 hanya saat kendaraan dijalankan. Kalau berhenti, digas sampai rpm berapapun tidak pernah nembak.

 Smiley kalo sebelum menempuh 100km mesin jalan bagus berarti semua normal dong yah,.......biasanya jarak baut setelan ke batang klep jadi renggang kalo sudah dipake lama apalagi kalo baut setelannya yang mutunya kurang baik tingkat ke-ausan-nya akan lebih cepat makanya dianjurkan setel kerenggangan klep setelah interval beberapa km (gak tau besaran km-nya),........kalo jadi makin rapet saya belom tau tuh.

Waktu posisi cyl #1 di TDC klep belakang yang buka maksudnya yang di cylinder nomor berapa? apa klep yang deket ke pulley atau deket ke flywheel?
Kalo klep yang buka yang deket ke pulley berarti posisinya benar,.....kalo yang deket flywheel berarti salah.

Ngomongin posisi klep, kira2 kalo posisi piston #1 pada TDC posisi klep2 sbb:  
# 1 intake & exhaust nutup
# 2 intake nutup # 2 exhaust buka
# 3 intake & exhaust buka
# 4 intake buka # 4 exhaust nutup.
Posisi klep2 cyl #1dan #3 berlawanan,........posisi klep2 cyl #2 dan #4 berlawanan. tolong CMIIW  Grin

Coba pastikan lagi semua botol klep (.......cam follower?) tidak ada yang macet  Smiley
« Last Edit: January 17, 2012, 07:43:32 AM by BussDriver » Logged

Bus driving is where the Bus is happy not the driver
BussDriver
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-0
Offline Offline

Posts: 800



« Reply #82 on: January 17, 2012, 01:32:32 AM »

 Smiley maap udah ngantuk jadi salah baca,..............waktu #1 pada posisi TDC keempat klep yang tidak beraturan posisinya bagaimana?
Logged

Bus driving is where the Bus is happy not the driver
vwputih
Full Member
***

Reputasi: +1/-0
Offline Offline

Posts: 214


i'm not quitting!


WWW
« Reply #83 on: January 18, 2012, 12:50:57 PM »

Klep belakang maksud saya silinder 2 exhaust (dekat pulley).
Tidak beraturan maksudnya ga sesuai dengan yg Mas tulis ( klep cyl 1 tutup, cyl klep 2 in tutp, ex buka).
« Last Edit: January 18, 2012, 12:52:50 PM by vwputih » Logged

Everlasting creativity...  (o \ l / o) L 1927 QE

belum waktu saya untuk kembali ke jalan yang benar...
Salam persaudaraann VW
BussDriver
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-0
Offline Offline

Posts: 800



« Reply #84 on: January 18, 2012, 11:24:56 PM »

Klep belakang maksud saya silinder 2 exhaust (dekat pulley).
Tidak beraturan maksudnya ga sesuai dengan yg Mas tulis ( klep cyl 1 tutup, cyl klep 2 in tutp, ex buka).

 Smiley kayaknya posisi klep2nya sudah benar,............penyebab overheat dan nembak2 kayaknya lebih pada setelan timing distributor dan karburetor yang tidak tepat. Kalo tidak ada beban/mobil berhenti di-gas2 rpm mesin bagus2 aja tapi kalo dipake jalan akan ndut2an kayak bensinnya telat dan nembak2,.......saya juga pernah ngalamin,.........saya pake distributor 034 SVDA dan solex 34 pict3,.... setellah setel klep, bersihin karburetor dan ikutin panduan setel timing dan idle carburetor bisa dapet bagus (idle ataupun high rpm).
Tipe  distributor dan carburetor nya apa Mas?

Logged

Bus driving is where the Bus is happy not the driver
vwputih
Full Member
***

Reputasi: +1/-0
Offline Offline

Posts: 214


i'm not quitting!


WWW
« Reply #85 on: January 19, 2012, 01:48:22 PM »

Solex 30/31, distributor ga tau, mungkin 009 ya? Yg ga ada vakumnya.. Bentuknya bukan yg gemuk pendek.
Ok, makasih banyak Mas..
Logged

Everlasting creativity...  (o \ l / o) L 1927 QE

belum waktu saya untuk kembali ke jalan yang benar...
Salam persaudaraann VW
BussDriver
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-0
Offline Offline

Posts: 800



« Reply #86 on: January 20, 2012, 07:51:29 AM »

Solex 30/31, distributor ga tau, mungkin 009 ya? Yg ga ada vakumnya.. Bentuknya bukan yg gemuk pendek.
Ok, makasih banyak Mas..

 Smiley kayaknya udah kombinasi yang bagus tuh tinggal dicari settingan yang tepat,.......saya belom pernah pake kombinasi itu  Smiley
Logged

Bus driving is where the Bus is happy not the driver
black purple
Hero Member
*****

Reputasi: +7/-2
Offline Offline

Posts: 524


T2 "Purple Bastard" & T1 (masih loading)


« Reply #87 on: March 07, 2012, 08:28:01 PM »

om, mohon pencerahan..
1. apa pengaruh dari setelan klep yang terlalu renggang & terlalu rapat (konsumsi BBM, tarikan, top speed, suhu mesin).. Huh
2. saya masih belum mendapat pencerahan, pushrod pada suhu tinggi memanjang atau memendek.. Huh
3. terima kasih..
Logged

Kapokkk.. Gak Bakal Ngesot Lagi
BussDriver
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-0
Offline Offline

Posts: 800



« Reply #88 on: March 07, 2012, 10:25:29 PM »

om, mohon pencerahan..
1. apa pengaruh dari setelan klep yang terlalu renggang & terlalu rapat (konsumsi BBM, tarikan, top speed, suhu mesin).. Huh
2. saya masih belum mendapat pencerahan, pushrod pada suhu tinggi memanjang atau memendek.. Huh
3. terima kasih..

1. “Correct adjustment is essential for maximum efficiency and minimum wear”,..........itu yang saya dapet dari buku panduan mengenai VW,......jadi kira2 kalo setelannya bener konsumsi BBM akan efisien, tarikan top speed akan efisien, suhu mesin akan efisien dan tingkat ke-ausan klep akan minimum.
Kalo setelan gak bener kira2 konsumsi BBM akan tidak efisien, tarikan top speed tidak efisien, suhu mesin juga tidak efisien dan tambahan tingkat ke-ausan klep akan lebih dari minimum.
2. Kayaknya kalo masih pake stok pushrod kalo panas akan memanjang makanya harus ada jarak yang bener waktu setel klep.
3. Terima kasih juga  Smiley
Logged

Bus driving is where the Bus is happy not the driver
black purple
Hero Member
*****

Reputasi: +7/-2
Offline Offline

Posts: 524


T2 "Purple Bastard" & T1 (masih loading)


« Reply #89 on: March 08, 2012, 06:04:29 AM »

1. “Correct adjustment is essential for maximum efficiency and minimum wear”,..........itu yang saya dapet dari buku panduan mengenai VW,......jadi kira2 kalo setelannya bener konsumsi BBM akan efisien, tarikan top speed akan efisien, suhu mesin akan efisien dan tingkat ke-ausan klep akan minimum.
Kalo setelan gak bener kira2 konsumsi BBM akan tidak efisien, tarikan top speed tidak efisien, suhu mesin juga tidak efisien dan tambahan tingkat ke-ausan klep akan lebih dari minimum.
maksudnya kalo emang sengaja direnggangin atau di setel rapat.. kan pernah ada tuh..Huh jadi efeknya di konsumsi BBM, akslerasi, topspeed dll pigimana om..Huh
misalnya sebagai contoh, ada teman ngeset motor buat balap liar, suara klep-nya kaya mesin jahit saking renggangnya. ini ada korelasi-kah atau pigimana..Huh  Roll Eyes
Logged

Kapokkk.. Gak Bakal Ngesot Lagi
Pages: 1 ... 3 4 5 [6] 7   Go Up
Print
 
Jump to: