Pages: 1 [2] 3   Go Down
Print
Author Topic: habis skir klep kok malah keluar asap putih berlebihan  (Read 1883 times)
0 Members and 1 Guest are viewing this topic.
B 1116 YUS
Sr. Member
****

Reputasi: +3/-0
Offline Offline

Posts: 323


- YuSdi aRi -


« Reply #15 on: May 02, 2012, 09:20:19 AM »

kalau asep putih berarti ada olie yang ikut terbakar Om. Apakah busi basah?  kalau iya coba ditengok ring piston. Moga moga membantu.

Pak, kalo olie suka habis & harus nambah terus itu kenapa ya? kalo dilihat sih nggak ada yang bocor
Logged
inonu kastemkru
Hero Member
*****

Reputasi: +13/-4
Offline Offline

Posts: 2.953


*Kastemkru*


« Reply #16 on: May 02, 2012, 01:23:04 PM »

Kalo oli berkurang sih,normal terjadi karena ada penguapan dan ada lobang pembuangan hawa dari mesin,..cuma berkurang masih di ambang batas wajar,..seberapa wajarnya,mungkin yg ahli mesin bisa jawab,..tapi kalo nambah olinya terus terusan seminggu sekali nambah oli,pasti ada yg gak beres...udah dicek belom,businya putih agak kecoklatan kering atau hitam dan basah?
Logged

Daloeng oetara art studio 112(082144813065/081999332293/751F2AA3/2980FF7B)
B 1116 YUS
Sr. Member
****

Reputasi: +3/-0
Offline Offline

Posts: 323


- YuSdi aRi -


« Reply #17 on: May 02, 2012, 01:34:42 PM »

Kalo oli berkurang sih,normal terjadi karena ada penguapan dan ada lobang pembuangan hawa dari mesin,..cuma berkurang masih di ambang batas wajar,..seberapa wajarnya,mungkin yg ahli mesin bisa jawab,..tapi kalo nambah olinya terus terusan seminggu sekali nambah oli,pasti ada yg gak beres...udah dicek belom,businya putih agak kecoklatan kering atau hitam dan basah?

Itungannya gini Om biar gampang, jakarta-jogja kemaren nambah 1 liter sementara yang lain nggak nambah tuh hehehe..... Untuk busi kebetulan baru ganti Om. Mohon pencerahan ......

salam
Logged
nukami
Sr. Member
****

Reputasi: +2/-0
Offline Offline

Posts: 298


VW = Vol Wae...


WWW
« Reply #18 on: May 02, 2012, 02:32:04 PM »

Boosternya bocor rembes/tertampung di booster dan tersedot ke intake,..gitu om,.(Semoga gak salah..)
awal-awal dibangunin siHappyHappyJoyJoy mengalami kasus seperti ini...
tanda-tandanya pedal rem keras dan cuma maen dikit.. keluar asep di knalpot...
pas dibongkar, sentral rem bocor, booster rem bocor... rem jadi blooong...

sepertinya knalpot keluar asep putih bisa juga terjadi karena stelan udara di karburator kegedean... CMIIW  Wink
Logged

:::: asoy geboy happy happy and joy joy ::::
inonu kastemkru
Hero Member
*****

Reputasi: +13/-4
Offline Offline

Posts: 2.953


*Kastemkru*


« Reply #19 on: May 02, 2012, 06:46:21 PM »

Belum pernah ada kalo stelan udara dikarbu kegedean bisa mengakibatkan keluar asep putih,.yg ada tuh,..stelan bensin kegedean bisa keluar asep hitam...
Logged

Daloeng oetara art studio 112(082144813065/081999332293/751F2AA3/2980FF7B)
kombiabang
Hero Member
*****

Reputasi: +7/-0
Offline Offline

Posts: 1.255



« Reply #20 on: May 02, 2012, 08:31:54 PM »

kalau pedal rem diinjak rpm naik berarti bener booster rem bocor. kalau mesin gak mau langsam (harus injek gas terus) coba dilihat selenoidnya, siapa tahu kabelnya lepas.

Pak, kalo olie suka habis & harus nambah terus itu kenapa ya? kalo dilihat sih nggak ada yang bocor

kalau lubang buangan uap olie gak masuk lagi ke karburator, biasanya olie ikut muncrat keluar. Olie jadi cepet habis. Coba saja lubang buangan itu diperpanjang pake selang dan posisinya agak tinggi, sehingga olie yang muncrat gak sampai keluar, tetapi masuk lagi ke mesin.  moga-moga membantu
Logged
dakotatua
Hero Member
*****

Reputasi: +21/-12
Offline Offline

Posts: 1.839



WWW
« Reply #21 on: May 02, 2012, 09:58:40 PM »

Itungannya gini Om biar gampang, jakarta-jogja kemaren nambah 1 liter sementara yang lain nggak nambah tuh hehehe..... Untuk busi kebetulan baru ganti Om. Mohon pencerahan ......

salam


olinya pakai oli apa?
Logged

http://www.facebook.com/pages/Dakotatua/304587699557764
http://dakotatua.multiply.com

splitbus for man, baybus for gay, vanagon for sissy ... Wink
cahyo
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-6
Offline Offline

Posts: 966


the Solitaire


WWW
« Reply #22 on: May 02, 2012, 10:43:12 PM »

Pak, kalo olie suka habis & harus nambah terus itu kenapa ya? kalo dilihat sih nggak ada yang bocor

mungkin olinya terlalu mudah menguap
kl disertai asap hitam dr knalpot bisa jadi oli masuk ruang bakar (ada yg bocor)
kl dari pengalaman sih begitu  Grin
Logged

.....................
Karim Arek Vw Ndeso
Full Member
***

Reputasi: +1/-0
Offline Offline

Posts: 109



« Reply #23 on: May 03, 2012, 02:53:38 PM »

Kasus boosterbocor kesedot ke intake sedikit sekali kejadiannya om,..kebanyakan masalah di klep,ring piston dan per terbalik,..apa sudah cek kondisi busi opada saat ini,..apa basah dan hitam?
saya pernah ngalamin yang minyak rem kesedot ke ruang bakar om, ini biasanya dari karet di booster sobek ato bocor dan biasanya bonus mesin ga bisa langsam kalo lubang angin booster rem di manifold bocor juga. coba cek2 lagi....hehehe...maaf nubie coba  sharing gan...misiiii
Logged
inonu kastemkru
Hero Member
*****

Reputasi: +13/-4
Offline Offline

Posts: 2.953


*Kastemkru*


« Reply #24 on: May 03, 2012, 07:19:33 PM »

Nah yg dibilangin om karim bener tuh,..saya bisa ngomong gitu juga pernah ngalamin,bahkan pernah di vw dan di nissan patrol,..tapi tetep dgn tanda tanda minyak rem nambah terus tapi ditromol gak ada tanda kebocoran...
Logged

Daloeng oetara art studio 112(082144813065/081999332293/751F2AA3/2980FF7B)
dakotatua
Hero Member
*****

Reputasi: +21/-12
Offline Offline

Posts: 1.839



WWW
« Reply #25 on: May 04, 2012, 06:46:16 AM »

Nah yg dibilangin om karim bener tuh,..saya bisa ngomong gitu juga pernah ngalamin,bahkan pernah di vw dan di nissan patrol,..tapi tetep dgn tanda tanda minyak rem nambah terus tapi ditromol gak ada tanda kebocoran...

kalau jaman dulu pdg mobil suka nyampur minyak rem di oli mesin supaya ....  Grin
makanya ane klw liat mobil suka narik dip stik nya ...
Logged

http://www.facebook.com/pages/Dakotatua/304587699557764
http://dakotatua.multiply.com

splitbus for man, baybus for gay, vanagon for sissy ... Wink
amin widodo fl
Full Member
***

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 235



« Reply #26 on: May 05, 2012, 01:19:16 PM »

 Huh Huh Huh sekedar sharing, asal muasal asap warna putih berlebihan pada kasus VW saya ternyata ada pen piston yg nongol gara-gara snapringnya lepas, sehingga diding silinder pada boring tergerus selebar pen piston (kurang lebuh 2.5cm) sedalam hampir 2mm, jadi waktu trouble awal saya salah menduga dikira klep yg perlu di skir dan stel ulang, ternyata ada satu booring yg tergerus dindingnya, gejala awalnya pada putaran tertentu timbul bunyi kaya mangkuk di pukul pakai sendok , dan mungkin dah terlalu akut sampai dah nggak ketolong lagi, saat ini sedang ganti boring, piston (pada boring dan piston yg tergerus),   dan ring  piston satu set.. tapi dari tread ini saya banyak mendapat masukan yg berharga...sekali lagi terima kasih atas segala respon yg telah diberikan salam  Volky...  Sad Sad Sad Sad   
Logged

Ve We emang Oeemmmpuuk tenan !!
cahyo
Hero Member
*****

Reputasi: +18/-6
Offline Offline

Posts: 966


the Solitaire


WWW
« Reply #27 on: May 05, 2012, 01:47:07 PM »

Problem solved ! Horeee !!! Siap meraung2 lg Cheesy
Logged

.....................
inonu kastemkru
Hero Member
*****

Reputasi: +13/-4
Offline Offline

Posts: 2.953


*Kastemkru*


« Reply #28 on: May 05, 2012, 07:54:12 PM »

Om ini yg biasa saya lakukan,(karena saya tau sedikit tentang mesin dan tidak mau berusaha untuk belajar agar lebih mahir(karena emang saya type pemalas)biasanya kalo ada sedikit yg aneh/tidak biasa di mesin,maka saya akan panggil mekanik,..trus saya bilang "mas,..rasanya ada yg aneh di mesin ini,..mekanik balik tanyake saya,..apanya mas,..saya jawab,.gejalanya spt ini spt ini dan spt ini,(saya berusaha untuk tidak menunjuk satu kerusakan,hanya memberitahukan indikasi yg terdengar),..dgn demikian maka si mekanik yg berfikir berdasarkan pengalaman dan ilmu yg dia miliki,..setelah itu dia akan ngecek mesin dan mencari tau sumber kerusakan,tanpa terpengaruh oleh opini yg kita buat,dengan demikian maka si mekanik bisa bekerja dan mengerjakan apa apa yg seharusnya dia kerjakan...jadi kita terhindar dari kesalahan pengambilan keputusan(memang seharusnya bukan kita yg memutuskan ),..saya sering mendengar apabila orang pergi kebengkel maka dia sdh lebih tau dari si mekanik tentang kerusakan yg terjadi,ini yg harus dihindari,..kita cukup menceritakan sebatas yg kita tau,dan biarkan ahlinya yg mengambil keputusan..kira kira itu menurut saya yg paling aman,...
Logged

Daloeng oetara art studio 112(082144813065/081999332293/751F2AA3/2980FF7B)
amin widodo fl
Full Member
***

Reputasi: +0/-0
Offline Offline

Posts: 235



« Reply #29 on: May 06, 2012, 12:12:32 AM »

Om ini yg biasa saya lakukan,(karena saya tau sedikit tentang mesin dan tidak mau berusaha untuk belajar agar lebih mahir(karena emang saya type pemalas)biasanya kalo ada sedikit yg aneh/tidak biasa di mesin,maka saya akan panggil mekanik,..trus saya bilang "mas,..rasanya ada yg aneh di mesin ini,..mekanik balik tanyake saya,..apanya mas,..saya jawab,.gejalanya spt ini spt ini dan spt ini,(saya berusaha untuk tidak menunjuk satu kerusakan,hanya memberitahukan indikasi yg terdengar),..dgn demikian maka si mekanik yg berfikir berdasarkan pengalaman dan ilmu yg dia miliki,..setelah itu dia akan ngecek mesin dan mencari tau sumber kerusakan,tanpa terpengaruh oleh opini yg kita buat,dengan demikian maka si mekanik bisa bekerja dan mengerjakan apa apa yg seharusnya dia kerjakan...jadi kita terhindar dari kesalahan pengambilan keputusan(memang seharusnya bukan kita yg memutuskan ),..saya sering mendengar apabila orang pergi kebengkel maka dia sdh lebih tau dari si mekanik tentang kerusakan yg terjadi,ini yg harus dihindari,..kita cukup menceritakan sebatas yg kita tau,dan biarkan ahlinya yg mengambil keputusan..kira kira itu menurut saya yg paling aman,...
Smiley Smiley saya sependapat dengan Om Ino..., karena kita sering terlalu PD dan sok tahu...  dan ada kesan mendekte mekanik... padahal pendapat kita belum tentu benar,  Smiley Smiley
Logged

Ve We emang Oeemmmpuuk tenan !!
Pages: 1 [2] 3   Go Up
Print
 
Jump to: